SMK IBNU SINA BOGOR
-

PEMBAGIAN RAPORT SMK IBNU SINA



Berita Sekolah
Edisi : 01/SMK-IBSI/12/Jan/2011
Oleh www.ibnusinabogor.co.cc Pengurus

PEMBAGIAN RAPORT DI SMK IBNU SINA

Kamis, 23 Desember 2010 di SMK Ibnu Sina dilaksanakan pengambilan Laporan Hasil Belajar Siswa (LHBS) Peserta Didik atau sering dikenal raport. Motor memadati halaman parkir sehingga suasana sekolah bertambah ramai. Pengambilan LHBS di SMK Ibnu Sina dilakukan oleh orang tua siswa atau wali murid.
Sekolah berharap orang tua atau wali murid dapat hadir secara pribadi ke sekolah dan wali kelas dapat menginformasikan perkembangan sekolah dan juga perkembangan putra-putrinya selama di sekolah. Wali kelas dapat menginformasikan bagaimana orang tua membaca dan memahami nilai yang ada dalam LHBS tersebut. Setidaknya buku raport itu mencakup enam hal yaitu: 1) identitas perserta didik, 2) tabel nilai hasil belajar, 3) tabel ketercapaian kompetensi peserta didik, 4) tabel pengembangan diri, 5)table penilaian akhlak mulia dan kepribadian, dan 6) ketidak hadiran. Dari enam hal yang tercantum agar menjadi perhatian semuanya oleh orang tua jangan hanya ketercapaian KKM saja yang dilihat tetapi juga yang lainnya yang tidak kalah pentingnya. Melalui pertemuan ini orang juga dapat menginformasikan perkembangan di rumah sehingga dapat disinergikan dalam pendidikan putra-putrinya. “sebetulnya keinginan saya tidak seperti ini, jadi terlihat seperti ada pemisah antara pihak sekolah dengan orang tua murid. secara pribadi saya ingingnya berkumpul, biasanya kalo kita berkumpul itu tidak ada batas, apa-apa yang mau kita sampaikan dan mau dimusyawarahkan itu menjadi mudah, biasanya kalo berkumpul seperti itu semuanya menjadi cepat beres.” Tutur Kepala SMK IBNU SINA yakni M. Sutisna S.Pd, M.M.Pd kepada semua wali murid
Dengan tingkat penyimpangan perilaku dikalangan pelajar sudah saatnya orang tua juga memperhatikan tabel penilaian akhlak mulia dan kepribadian. Ini penting karena pendidikan karakter bangsa sudah ada juga disini. Penilaian akhlak mulia dan kepribadian peserta didik, yang dilaksanakan secara komprehensif dalam arti melibatkan semua guru tidak hanya wali kelas dan kesinambungan. Kedua komponen itu juga merupakan salah satu persyaratan kenaikan kelas atau kelulusan peserta didik . “Yang harus disiapkan oleh siswa/i terutama dalam kaitannya pengambilan Laporan Hasil Belajar/ raport untuk kelas 10 mereka harus bisa membaca Iqro 1-6, untuk kelas 11 harus bisa membaca surat-surat pendek dan untuk kelas 12 mereka harus bisa membaca al-qur'an” Kata Bapak Yudhi Surakhman selaku Waka. Ur. Kurikulum SMK Ibnu Sina. Hasil penilaian akhlak mulia dan kepribadian dirangkum dalam sepuluh aspek penilaian yang mencakup:1) Kedisiplinan, 2) Kebersihan, 3) Kesehatan, 4) Tanggung jawab, 5) Sopan santun, 6) Percaya diri, 7) Kompetitif, 8) Hubungan sosial, 9) Kejujuran, dan 10) Pelaksanaan ibadah.

0 komentar:

Template by : SMK IBNU SINA BOGOR