SMK IBNU SINA BOGOR
-

Bahasa Alay Marak Di Kalangan Muda

Fenomena bahasa alay (anak lebay) saat ini marak terjadi dikalangan remaja atau anak muda se Indonesia. Gaya bahasanya yang asyik dan terkesan gaul menjadi alasan tersendiri mengapa si pengguna memakai bahasa ini dalam setiap mengirim atau menerima pesan singkat (sms). Karakter bahasa sms yang singkat terkesan sok nge- Inggris dan menggunakan sandi angka-angka tak jarang orang awam mengerti.
“Sebenarnya refleks aja sih menggunakan bahasa sms ini, karena kan teman-teman juga banyak yang memakai bahasa sms seperti ini,” ujar Rizky salah satu pelajar yang aktif mengunakan bahasa alay dalam pesan singkatnya. Disisi lain, menurut Drs. Aam Nurjaman, M.Pd, “fenomena bahasa alay menunjukkan sebuah kreatifitas tersendiri bagi kalangan yang memakainya dalam pesan singkat,” ujar Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan Universitas Pakuan tersebut.
Terkait bahasa alay ini, seharusnya kalangan muda sebagai penerus bangsa lebih mengerti akan dampaknya keterkaitan bahasa biasa sehari-hari yaitu berbahasa Indonesia. Dengan lebih mengembangkan bahasa dan sastra Indonesia yang baik dan benar.

0 komentar:

Template by : SMK IBNU SINA BOGOR